No announcement available.

Sistem Manajemen Mutu (SMM) Konstruksi Indonesia

| 2 Comments

Kementerian Pekerjaan Umum didalam melaksanakan tugas dan fungsinya, melakukan sebuah sistem kerja yang membangun kualitas baik di dalam dan di luar organisasi Kementerian Pekerjaan Umum. Tidak hanya mengenai organisasi dilaksanakan sistem kerja berkualitas, yang paling penting adalah di dalam produk-produk yang dihasilkan pada Kementerian Pekerjaan Umum.

Sistem kerja berkualitas tersebut disebut Sistem Manajemen Mutu (SMM). SMM diatur secara resmi di dalam Kementerian Pekerjaan Umum melalui Perturan Menteri Pekerjaan Umum No. 4 tahun 2009 tentang Sistem Manajemen Mutu (SMM) Departemen Pekerjaan Umum.

Peraturan ini memang masih berdasarkan peraturan pengadaan barang dan jasa Pemerintah yang terdahulu, yaitu Keputusan Presiden No. 80 tahun 2003 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Akan tetapi, mengingat peraturan pengadaan barang dan jasa Pemerintah terkini yaitu Perpres 54/2010 perihal Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah baru diterbitkan pada tanggal 6 Agustus 2010 dan membuat sebuah regulasi bukanlah sesuatu yang instan, maka peraturan inilah yang masih harus diacu oleh segenap jajaran organisasi dan unit kerja di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan segenap instansi di bawah pembinaan Kementerian Pekerjaan Umum. Demikian halnya berkonsekuensi kepada penyedia-penyedia jasa dan barang di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan instansi Pemerintah Daerah di bawah pembinaan Kementerian tersebut, masih harus menaati peraturan Sistem Manajemen Mutu ini sampai terbit peraturan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Sekian ulasan saya mengenai Sistem Manajemen Mutu di Kementerian Pekerjaan Umum. Untuk selanjutnya tulisan ini akan saya kembangkan untuk menulis paper atau makalah yang berkaitan. Tentunya tetap akan saya sharing dengan tetap megingatkan bahwa negara Indonesia melindungi kekayaan intelektual setiap warga negara, oleh karena paper atau makalah boleh dikutip dengan syarat meminta ijin kepada sang penulisnya.

Copyright secured by Digiprove © 2011 Sinta Posmaria

Key words:

permen PU No 20 tahun 2011, makalah manajemen mutu, makalah fungsi manajemen, manajemen mutu konstruksi, makalah manajemen jasa, permenaker no 9 tahun 2010, sistem manajemen mutu konstruksi, makalah tentang produk, makalah sistem manajemen mutu, permen pengadaan barang dan jasa
Related Posts
Rencana Mutu ini diberlakukan baik di dalam organisasi Kementerian Pekerjaan Umum atau instansi di bawah binaan Kementerian Pekerjaan Umum dan di luar organisasi Kementerian PU, ...
READ MORE
Rencana Mutu Pekerjaan Konstruksi

2 Comments

  1. Pak Ahmad bagaimana cara untuk saya bisa dapat tulisan bapak mengenai manajemen mutu konstruksi dan sistem manajemen mutu konstruksi. Terima kasih atas bantuannya. Wassalam

    • Abd. Waris yang baik,

      Siapa ya Pak Ahmad? Kalau tulisan mengenai SMM Konstruksi, ditunggu aja ya Pak. Saya sudah mau mulai aktif lagi nih di 2014. Tolong didoakan yaa..
      Sukses selalu…

Leave a Reply

Required fields are marked *.


No announcement available.