No announcement available.

Pengaturan Yahoo Mail pada Microsoft Outlook: Alternatif Lain

| 45 Comments

Pada komentar posting sebelumnya Tutorial Pengaturan Yahoo Mail pada Microsoft Outlook 2010 membuat saya penasaran juga untuk membuktikan cara posting tersebut. Saya tes ke beberapa email yahoo sukses-sukses aja sepertinya.

Lalu ada komentar dari Hera pada posting Tutorial Pengaturan Yahoo Mail pada Microsoft Outlook 2010 tersebut dan beliau menggunakan ymail.com bukan yahoo.com. Saya putuskan untuk melakukan tes.

Setelah dites memang tidak berjalan pada akun ymail.com. Akan tetapi ada pesan dari ketidaksuksesan sinkronisasi tersebut, yaitu:

Send test e-mail message: Cannot send the message. Verify the e-mail address in your account properties.  The server responded: 553 From address not verified – see http://help.yahoo.com/l/us/yahoo/mail/original/manage/sendfrom-07.html

Saya putuskan untuk melihat link yang dimaksudkan tersebut dan saya membrowse dan menemukan sebuah artikel dengan topik The New Mobile Yahoo! Mail Experience Help Topics. Saya memilik topik ini karena tetap ingin mensinkronisasi berdasarkan konsep mobile mail, hal ini dikarenakan saya masih mengasumsikan yahoo mail biasa atau klasik belum dapat tersinkronisasi dengan Microsoft Outlook.

Setelah artikel tersebut dibaca, saya putuskan untuk mencoba pengaturan alternatif Yahoo Mail tersebut. Rupanya sukses. Mungkin dengan cara alternatif ini dapat juga membantu teman-teman yang membutuhkan setting ini. Ohya, sepertinya ini dapat dilakukan oleh semua versi Microsoft Outlook. Saya pribadi tetap menggunakan Microsoft Outlook 2010.

Pengaturan dilakukan pada akun email dengan ymail.com, akan tetapi berdasarkan artikel di atas berlaku untuk semua alamat email under Yahoo Mail. Berikut langkah-langkah alternatif lain pengaturan Yahoo Mail pada Microsoft Outlook:

1. Ikuti langkah 1 – 4 posting terdahulu Tutorial Pengaturan Yahoo Mail pada Microsoft Outlook , yaitu:

  • Membuka Microsoft Outlook tersebut (dianjurkan belum ada koneksi internet)
  • Membuka akun baru File – Add Account
  • Klik Manually configure server settings or additional server types
  • Klik Internet E-mail

2. Pengisian pengaturan (setting) Yahoo mail:

  • Isikan nama yang Anda inginkan muncul saat Anda mengirim email tersebut pada sel Your Name, misal: Nama Anda.
  • Isikan pada sel E-mail Address alamat email Yahoo.com Anda, misal: username@ymail.com atauusername@yahoo.com atau username@rocketmail.com. Setelah Anda mengisikan sel ini, maka sel User Name pada bagian Logon Information otomatis terisi username yang Anda isikan pada sel E-mail Address.
  • Pada sel Account Type pilih IMAP.
  • Isikan sel Incoming mail server dengan: imap.mail.yahoo.com
  • Isikan sel Outgoing mail server dengan: smtp.mail.yahoo.com. Setelah mengisi Outgoing mail server tombol ‘Test Account Setting’ dan ‘More Setting’ akan muncul.
  • Username diisikan full dengan alamat email, walaupun secara otomatis telah disebutkan di atas bahwa username terisi otomatis. Jadi lengkapi username dengan alamat email lengkap, seperti: username@ymail.com atau username@yahoo.com atau username@rocketmail.com. Isikan Password pada E-mail Yahoo.com Anda
  • Klik ‘More Setting’ yang tadinya tidak muncul menjadi muncul.

3. Ikuti lagi langkah 6 dan 7 pada posting sebelumnya dari Tutorial Pengaturan Yahoo Mail pada Microsoft Outlook 2010:

  • Pada tab ‘General’ biasanya sudah terisi alamat email, klik pada Tab ‘Outgoing Server’
  • Pada tab ‘Outgoing Server’ klik (beri centang) pada ‘My outgoing server (SMTP) requires authentication’.

4. Lanjutkan dan klik tab Advanced. Sama halnya pada posting terdahulu untuk memilih pengaturan pada tab Advanced ini akan tetapi terdapat perbedaan sebagai berikut:

  • Isikan angka 993 pada sel Incoming server (IMAP). Pilih ‘SSL’ pada Use the following type of encrypted connection.
  • Isikan angka 465 pada sel Outgoing server (SMTP). Pilih ‘SSL atau TLS’ pada Use the following type of encrypted connection.
  • Setelah mengisi sel Outgoing server (SMTP), pastikan sambungan internet Anda terkoneksi pada computer Anda. Karena langkah selanjutnya akan membutuhkan koneksi internet. Akan tetapi, jika tidak tersambung juga tidak apa-apa, karena jika proses penambahan akun email yahoo.com Anda pada Microsoft Outlook 2010 ini telah selesai semua dan Anda baru bisa terkoneksi dengan internet tetap akan bisa mendowload email yang berasal provider Yahoo.com ini.
  • Klik OK.

5. Selanjutnya mengikuti langkah 9 – 11 posting sebelumnya, yaitu;

  • Klik ‘Next‘ dan akan dilakukan ‘Tes Account Setting’
  • Setelah ‘Tes Account Settting’ dinyatakan lengkap (complete), klik Close
  • Klik Add Another Account jika Anda tidak menginginkan pengaturan alamat email Yahoo yang lain. Sebaliknya jika tidak ada, klik Finish.
Berikut hasil yang dicapai setelah mengikuti langkah demi langkah di atas pada Microsoft Outlook 2010.

Menyenangkan bukan? Sekarang Anda tidak perlu harus online terus di depan komputer untuk membaca email dan membalasnya baik untuk email Yahoo dan Gmail.

Demikian posting sebuah alternatif yang lain dari Pengaturan Yahoo Mail pada Microsoft Outlook. Semoga bermanfaat. Salam sukses.

Key words:

cara setting email yahoo di microsoft outlook, artikel yahoo, cara membuat email dan setting outlook, tutorial microsoft outlook 2010, belajar microsoft outlook 2010, belajar microsoft outlook, cara setting outlook 2010, cara setting email yahoo di outlook, cara membuat e-mail dan setting outlook, format CCo
Related Posts
Tutorial Pengaturan Yahoo Mail pada Microsoft Outlook 2010
Seiring dengan keinginan saya tetap mempertahankan alamat email saya di email provider Yahoo berextension com (username@yahoo.com), saya membrowse mengenai pengintegrasian alamat email yahoo.com ini. Saya ...
READ MORE
Internet E-mai Setting (Gmail) on Microsoft Outlook - Advance Setting
Awalnya saya tidak terlalu berminat mempostingkan email Gmail untuk Microsoft Outlook, karena sudah banyak yang memberikan tutorialnya. Akan tetapi, terdapat suatu komentar yang menanyakan sinkronisasi ...
READ MORE
Tutorial Pengaturan Yahoo Mail pada Microsoft Outlook 2010
Pengaturan Email Gmail Pada Microsoft Outlook

45 Comments

  1. ISMUNANDAR

  2. Es serio? No!~ Es no posible!

  3. Sebelumnya saya sangat berterima kasih Anda sudah mau share mengenai setting email outlook menggunakan akun yahoo. Namun mohon maaf Pak, saya sudah mengamati & mencoba langkah-langkah diatas dengan seksama, namun pada saat test account settings ada kegagalan pada Log ontoincoming mail server (IMAP) dan saya cek error nya ada pesan “Log onto incoming mail server (IMAP): General authentication failed. None of the authentication methods supported by your IMAP server (if any) are supported on this computer.” namun untuk Send test email nya berhasil, apakah masih ada kesalahan dalam langkah-langkah yang saya lakukan ?

    terima kasih atas pencerahannya

    -Salam Hangat-

  4. Mantap Bro Trims….
    mulai dari kemarin ga conect2 sekarang da bisa…. trims banget

  5. Sorry Sis ga tahu…. hehe…..
    ya da salam kenal, ok. makasih…

  6. tolong bantu saya, saya kemarin dah coba setting dengan accout franky_s08@yahoo.com dengan office 2007 tidak bisa dan office 2010 juga tidak bisa pengaturan dengan posting diatas juga saya coba tp tidak mau selalu berakhir pada komentar pasword yang saya isi salah padahal pasword itu sdh benar.kirannya berkenan jawab juga lewat emailku trims sukses untuk anda

    • Franky,
      Sepengetahuan saya, kalau passwordnya salah memang salah. Coba Franky sign in langsung lewat mail dari website yahoo, jika passwordnya sudah benar mungkin waktu setting di Microsoft Outlook-nya ada yang selip, seperti capslock aktif/tidak aktif.
      Kedua Franky, untuk posting ini sepertinya karena latar belakang mail yahoo yang bukan yahoo.com, seperti ymail.com, rocketmail dll. Coba untuk yahoo.com, menggunakan cara dari posting Tutorial Pengaturan Yahoo Mail pada Microsoft Outlook 2010. Coba dulu ya…
      Kalau masih trouble, tolong diberitahukan kembali yaaa… :)

      Sukses ya Franky.

  7. mohon maaf nih, kalau menambahkan account baru lagi di outlook 2007 dimana yg existing sudah ada email yahoo.co.id dan yang terbarunya dari email kantor bagaimana caranya ?? thanks before

    • Andi,
      Saya ada 7 (tujuh) akun di Ms. Outlook saya :D
      Pertanyaannya email kantor itu berbasis apa ya? Yahoo, Gmail, ataukah mail kantor seperti namaorang@perusahaan.co.id atau yg lain?
      Kalau Gmail atau Yahoo, postingnya ada di weblog ini. Tapi kalau dari perusahaan bisa juga, coba tanya admin atau orang divisi IT-nya :)
      Sukses utnuk Andi.

  8. kalau memakai modem smartfren,bagaimana untuk pengaturan incoming dan outgoing mail servernya,apakah ada cara lain?

  9. sebelumnya trima kasih banyak,
    setelah membaca langkah2 tadi,saya langsung praktikan di outlook 2007.
    tapi kok diemail masuknya tidak muncul lampirannya y sis?

  10. makasih bro, membantu banget

  11. 4 jempol…..terima kasih banyak mbak….

  12. Makasih ya, Saya sudah mengikuti langkah-langkah diatas. namun tinggal sedikit lagi kesalahannya, kalau saya mengirim email tidak pernah berhasil padahal pada outgoing mail server : smtp.mobile.mail.yahoo.com
    mohon petunjuknya kenapa email tidak bisa terkirim. Terimakasih

  13. wow…. akhirnya terjawab juga…
    tanks ya non…

  14. post menarik. Tapi saya tidak faham.

  15. mba, mohon bantuannya saya beberapa lalu pake outlook 2010, tp begitu pake semua data inbok yg ada di email yahoo saya terdownload semua ke inbox outlook, yg ingin saya tanyakan bagaimana caranya mengembalikan inbox ke email yahoo saya, mohon bantuannya mba, soalnya inboxnya penting banget. kalo bisa mba send email aja jwabannya ya mba.

    thanks

    • Tatan,
      Aduh maaf baru baca :D Sepertinya utk mengembalikan kembali ke inbox yahoo tidak ada mekanismenya. Bgmn kalau Tatan re-sent ke inbox dari Outlooknya? Capek memang. Ada baiknya dilakukan tindakan pencegahan, yaitu melakukan setting pada pop mail-nya bhw yang dikirimkan ke Outlook tetap tinggal di inbox yahoo.
      Demikian Tatan. Sukses yaa..

  16. Thx sis..
    shering elmunya

  17. sdah saya cobak tapi pas test account stting, di test email message-a gagal, itu knpa ya?? mhon bntuan-a

    • Idraki,
      Coba dengan cara posting sebelumnya :) karena emailnya yahoo.com, yg posting ini untuk yg ymail.com, rocketmail :)

  18. thanks non buat ilmunya,
    udah lama nyoba akhirnya bisa juga

    jempol dah buat non

  19. Terima kasih Sis ilmu nya…
    sangat bermanfaat n berhasil..
    semoga sukses sll ya Sis…

  20. Saya telah mengikuti setiap langkah, tetapi saat Test Account Settings hasilnya sbb :
    - Log onto incoming mail server (IMAP) : Failed
    - Send test e-mail message : completed
    Kemudian muncul error
    Sebagai informasi, saya menggunakan outlook 2010 pada OS windows 7 pro (64 bit) .
    Mohon saran.

  21. bagaimana cara membuat adendum dan berkas apa saja yang perlu di buat ,tolong kirim format nya .trims

Leave a Reply

Required fields are marked *.


No announcement available.